Lumpectomy (Operasi Kanker Payudara dengan pengangkatan tumor/kanker nya saja)

Lumpectomy juga sering dinamakanbreast conserving surgery (pembedahan payudara dengan mengusahakan payudara seutuh mungkin),  atau juga dinamakan dengan beberapa istilah lain seperti:-  complete local excision (eksisi/pengambilan seluruh tumor dari payudara);partial mastectomy (mastectomy yang dilakukan sebagian); atau–  wide local excision (eksisi/pengambilan tumor dengan pengambilan agak luas jaringan payudara sekitarnya).  

Lumpectomy adalah operasi pembedahan menghilangkan tumor/kanker payudara dari payudara, dan ditambah dengan pengangkatan sedikit jaringan sehat disekitar tumor/kanker tersebut (= batas bersih kanker atau clear margin atau surgical margin). Tergantung kasusnya, pada beberapa perempuan, selain lumpectomy, pada saat yang bersamaan, dilakukan juga pengangkatan dari satu atau lebih kelenjar getah bening (lymph nodes) dari ketiak.
ISI dari blog ini, TIDAK UNTUK MENGGANTIKAN ADVIS DOKTER MASING-MASING, tetapi lebih UNTUK MEMBERIKAN PEMAHAMAN yang diharapkan bisa dijadikan BAHAN untuk berdiskusi dengan dokter masing2.
Kapan lumpectony dipilih?

Lumpectomy atau breast conserving surgery adalah sebuah tindakan yang bisa dipilih kalau ukuran dari tumor/kanker payudara relatif kecil bila dibandingkan dengan ukuran payudara.  Bila ukuran payudara termasuk ‘besar’ bila dibandingkan ukuran tumor, maka hal ini akan memungkinkan pengangkatan tumor/kanker dan sejumlah jaringan sehat disekitarnya dimana pada akhirnya bentuk dari payudara setelah operasi masih mendekati bentuk semula sebelu di operasi. Tindakan lumpectomy selalu diikuti dengan radiotherapy (buka link ke artikel radiotherapy untuk info lebih lanjut) pada daerah payudara dan dada.  Tergantung keadaan masing-masing orang, radioterapi juga bisa diberikan pada kelenjar getah bening (lymph nodes) di daerah ketiak dan/atau di daerah bawah leher.
teruskan membaca dengan ‘klik buka’ continue reading berikut ini.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk operasi lumpectomy?

Lumpectomy biasanya memakan waktu sampai satu setengah (1.5) jam paling lama, ditambah dengan waktu persiapan menjelang operasi dan waktu pemulihan dari bius umum.  Tergantung keadaan masing-masing orang, waktu rawat inap bisa berkisar dari satu (1) hari sampai satu (1) minggu.

Prosedur apa yang biasanya dilakukan sesudah operasi lumpectomy selesai? 

Sesudah operasi selesai, dokter ahli patologi anatomi (Sp. PA) akan memeriksa jaringan dari payudara dan kelenjar getah bening yang diambil.  Hasil pemeriksaan ini akan menentukan pengobatan/terapi apa yang paling tepat untuk pasien.  Jika ditemukan daerah ‘clear margin’ atau ‘batas bersih tumor/kanker’ ternyata di daerah clear margin ini masih ada sel kanker, maka kemungkinan besar pasien tersebut akan membutuhkan operasi lagi untuk mencapai daerah batas bebas tumor/clear margin benar-benar bebas dari sel kanker  Jika situasi ini yang terjadi, tergantung kasus nya, operasi berikutnya bisa berarti operasi mastectomy (pengambilan seluruh jaringan payudara).

Bagaimana penampakan dari payudara sesudah dilakukan lumpectomy? 

Sesudah lumpectomy, akan terlihat ada bekas sayatan berupa jarinngan parut (scar) pada payudara.  Bekas sayatan operasi ini akan makin tidak begitu jelas dengan berlalunya waktu.  Bentuk dan ukuran payudara juga biasanya berubah.  Lokasi dari bekas sayatan operasi dan bentuk bekas sayatan operasi tersebut tergantung dari dimana letak tumor/kanker berada dan berapa banyak jaringan payudara yang sehat yang harus ikut diangkat. Bisa saja terjadi, bentuk dan ukuran dari payudara, akan berbeda dengan payudara yang satunya (tidak simetris lagi).  Ada sebagian orang yang memilih untuk memakai payudara palsu (external breast prosthesis) atau melakukan operasi payudara lagi untuk mendapatkan keadaan dimana kedua payudara tampak simetris lagi dengan bentuk dan ukuran yang sama.  (info lebih lanjut tentang payudara palsu dan operasi rekonstruksi payudara bisa di temukan di link ini  breast prostheses and breast reconstruction – terjemahan dalam bahasa Indonesia nya sedang dalam proses penyelesaian)

Efek samping dari lumpectomy 
Setiap orang mempunyai reaksi yang berbeda terhadap lumpectomy atau  breast conserving surgery. Sebagian besar orang mengalami efek samping tertentu, dan sebagian orang lain tidak mengalaminya.  Beberapa efek samping terjadi tepat sesudah operasi, dan efek samping lain terjadi beberapa waktu sesudah operasi.  Sebagian besar efek samping bisa dikurangi atau dikelola dengan perawatan yang tepat dan memadai.

Efek samping yang biasa/sering terjadi sesudah operasi lumpectomy:

  • rasa nyeri, tidak enak atau rasa baal pada payudara dan/atau ketiak selama proses penyembukan luka operasi – hal ini biasanya berkuranng dan menghilang sesudah beberapa minggu.
  • memar atau bengkak pada jaringan sekitar luka operasi (atau dibawah ketiak jika kelenjar getah bening juga diangkat).
  • lengan dan bahu pada sisi payudara yang dioperasi terasa kaku – hal ini akan berkurang dengan latihan-latihan tangan dan tubuh bagian atas dengan gerakan-gerakan yang dianjurkan oleh dokter/ahli fisioterapi.
  • rasa kesemutan pada daerah lengan dan bahu karena pengangkatan kelenjar getah bening – keadaan ini akan menghilang sedikit demi sedikit dengan berjalannya waktu, tetapi sensasi rasa/sentuhan di daerah ini bisa berubah selamanya.
  • cairan yang berkumpul di daerah bekas luka operasi pada payudara atau ketiak – cairan yang berkumpul ini dinamakan seroma dan bila cairan yang timbul cukup banyak maka membutuhkan tindakan pengambilan cairan (di drain) dengan menggunakan jarum halus dan syringe.  Tindakan ini harus dilakukan oleh seseorang yanng mempunyai kemampuan untuk ini seperti perawat khusus yang menangani luka/keadaan sesudah operasi payudara, atau dokter bedah onkologi anda.  Dokter umum sebenarnya bisa melakukan tetapi perlu di check pakah dokter ini mampu melakukan tindakan ini.
  • nyeri ringan pada lengan atau/dan ketiak – nyeri ringan ini bisa menetap sampai satu tahun atau lebih sesudah operasi bila kelenjar getah bening juga diangkat.

Efek samping yang kadang timbul sesudah operasi lumpectomy:

  • jika kelenjar getah bening diangkat, maka bisa terjadi bengkak pada lengan, dada/payudara atau bahkan tangan yang timbul sesudah efek samping sesudah operasi berkurang, keadaan ini dinamakan lymphoedema yang bisa timbul beberapa bulan sampai beberapa tahun sesudah operasi. (‘buka klik’ link ke artikel lymphoedema diatas untuk info lebih lanjut)

Efek samping yang jarang terjadi sesudah operasi lumpectomy:

  • infeksi atau perdarahan dari luka operasi pada payudara atau ketiak.  Bila ini terjadi, operasi tambahan bisa saja diperlukan.

 

Terjemahan bebas oleh:  Inez Nimpuno

Sumber:

http://canceraustralia.gov.au/affected-cancer/cancer-types/breast-cancer/treatment/what-does-treatment-breast-cancer-involve/breast-cancer-surgery

Leave a comment